Halaman

WELCOME TO MY SIMPLE BLOG! READ? LISTEN THE MUSIC? OR CHAT?

Senin, 14 Maret 2011

Robot Humanoid ke ISS
Robonaut yang disingkat menjadi R2 adalahrobot humanoid pertama yang bersiap pergi ke Stasiun Luar Angkasa (ISS). R2 dibuat atas kerja sama NASA dan perusahaan otomotif General Motors. R2 dirancang untuk menjadi asisten di ISS. R2 juga menjadi awak ke-7 di pesawat ulang-alik Discovery. R2 memiliki bobot seberat 150 kg dan tinggi 1,1 m. Panjang kedua tangannya sekitar 0,78 m. Jari-jari tangan R2 dilengkapi dengan sensor dan mampu mengangkat beban seberat 2-3 kg. Bagian kepala R2 yang bewarna emas terdapat 4 kamera untuk melihat. Sedangkan, bagian dada R2 adalah sistem perangkat komputer. Bagian bawah tubuh R2 bisa dibongkar pasang menjadi sepasang kaki, segway, dan kendaraan beroda empat. R2 juga dikondisikan untuk dapat ditempatkan di daerah yang tidak bisa dijangkau manusia. R2 dijadwalkan meluncur ke ISS bersama Discovery pada Kamis sore (24/2/’11) waktu Amerika Serikat.
Bus Listrik Kurangi Polusi Kota
Sudah dua bulan Kota Seoul, Korea Selatan, mengoperasikan 5 bus listrik komersial. Bus-bus itu melayani rute N Seoul Tower di Mount Namsan. Ternyata bus-bus itu disukai penduduk dan turis. Bahkan bus ini pun menjadi salah satu daya tarik wisata di kawasan Namsan. Pemerintah Kota Seoul berencana menambahkan empat bus listrik terakhir bulan ini.
Tak hanya menjadi daya tarik wisata saja. Kehadiran bus-bus listrik itu juga mengurangi polusi udara yang disebabkan bus berbahan bakar bensin dan solar. Sebab, bus listrik ini menggunakn baterai lithium-ion yang bisa diisi ulang selama 30 menit. Saat baterai penuh, bus bisa melaju hingga 83 km. Dengan begitu, kualitas udara kota pun semakin membaik. Perbaikan kualitas udara bukan Cuma penting untuk penduduknya. Hal ini juga bisa menjadi sunbangsih bagi upaya menangani perubahan iklim. Dalam jangka panjang, pemerintah berencana menambahkan hingga 300 bus listrik. Sebagian besar akan melayani rute-rute jarak dekat. Pemerintah juga berencana memasang 300 stasiun isi ulang di seluruh Kota Seoul. Pada 2020, diharapkan setengah dari bus-bus kota sudah diganti dengan bus listrik. Dengan begitu, kualitas udara diharapkan semakin membaik.
Roket Pendorong Tercepat
Space Shuttle adalah pesawat yang digunakan sebagai roket pendorong untuk pesawat ulang-alik. Roket pendorong ini pertama kali dibuat oleh NASA pada tahun 1981. Kecepatannya 20.000 mil/jam, sedangkan kecepatan rata-ratanya 17.500 mil/jam.
Kendaraan Tempur Termahal
Pesawat pengebom B-2 Spirit. Pesawat ini dijuluki pengebom siluman karena bisa menyerang dengan mendadak dan tak terlihat. Pesawat ini merupakan kendaraan tempur termahal di dunia. Biaya pembuatan pesawat ini menghabiskan dana sekitar US$ 1,3 m atau Rp 10, 5 T. Pesawat Pengebom B-2 Spirit sudah diproduksi sebanyak 21 unit dan dijual ke berbagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar